Jumat, 22 Mei 2015

Apakah Penting Keberadaan Komentar pada Blog

Manfaat  komentar pada blog
Cari Alasan - Pentingkah komentar pada blog? komentar yang ada di blog baik itu blogger, wordpress, ataupun di platform blog lainnya digunakan sebagai media untuk mengomentari ataupun untuk menjalin silaturahmi antara pengunjung dengan pemilik blog. Banyak pemilik blog yang mengatur setelan komentar blog masing masing, baik yang mengaktifkan moderasi komentar blog, ataupun yang dibiarkan tanpa moderasi komentar seperti blog Cari Alasan.

Biasanya komentar ada karena pengunjung ingin menanyakan sesuatu tentang isi dari postingan blog yang dikomentarinya. Tak jarang juga ada pengunjung yang hanya berkomentar berisi kalimat yang menyatakan postingan tersebut bermanfaat baginya. Jangan sepelekan komentar tersebut, karena bisa saja dengan adanya komentar seperti itu, bisa mempengaruhi pengunjung lain yang membacanya untuk ikut mencoba isi dari postingan tersebut. Selain itu, ada juga pengunjung (biasanya sesama blogger) yang menggunakan komentar sebagai media untuk bersilaturahmi dengan pemilik blog atau sebagai bukti dari blogwalking yang telah sukses dilakukan.

Kembali ke topik postingan, Seberapa Penting Keberadaan Komentar pada Blog? Keberadaan komentar di blog bagi sebagian blogger bisa menjadi sangat bermanfaat dan sebagian lainnya bisa sangat merugikan blog itu sendiri.
Manfaat komentar pada blog sangat beragam, komentar di blog menunjukkan bahwa postingan yang ada di blog anda bermanfaat atau berguna bagi pengunjung, dengan kata lain blog anda akan disukai oleh setiap pengunjung yang datang (lihat juga tentang Cara Membuat Blog yang Disukai Pengunjung). komentar juga ada karena postingan anda ada yang kurang jelas atau tidak dipahami, sehingga pengunjung harus berkomentar untuk menanyakan hal yang tidak dipahaminya di postingan anda.
Jumlah komentar di blog mengindikasikan blog yang disukai visitor, sehingga terlihat ramai dan padat. Semakin banyak jumlah komentar maka blog anda juga akan terlihat lebih ramai dan banyak pengunjung. Sebaliknya, jika komentar di blog sedikit atau bahkan tidak ada, bukan tidak mungkin blog anda dianggap sepi (silahkan dibaca Alasan Kenapa Blog Sepi Pengunjung) walaupun trafiknya tinggi.

Bagi sebagian blogger lainnya, komentar di blog bisa saja sangat merugikan. Dampak Negatif Komentar di Blog, terutama untuk blog terkenal yang memiliki rank yang bagus, banyak yang rela untuk berkomentar dengan tujuan untuk memasang backlink di komentar yang mengarah ke blog mereka. Bahkan tak jarang juga ada yang berkomentar spam demi untuk mendapatkan backlink di komentar blog tersebut. Jika blog tersebut mengaktifkan moderasi komentar pada blog, tentu akan membuat pemilik blog kewalahan menghapus komentar yang bersifat spam tersebut.

Jadi, Apakah Komentar di Blog Bermanfaat atau Tidak?
saya sendiri selaku pemilik blog Cari Alasan, tidak bisa memberi jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. pentingkah komentar pada blog, tergantung dari sudut pandang orang yang berkomentar, serta pemilik blog itu sendiri.
Dianggap merugikan karena banyak komentar yang tidak nyambung dengan isi postingan ataupun komentator yang hanya mencari backlink di blog. Tapi perlu juga diingat komentar di blog juga sangat bermanfaat karena dengan adanya komentar di blog, mengindikasikan blog ramai, dan disukai pengunjung. jadi silahkan dipikirkan sendiri-sendiri saja apakah komentar diblog bermanfaat atau tidak.

Demikian postingan saya tentang Pentingkah Komentar Pada Blog, mudah-mudahan dapat berguna dan bermanfaat untuk semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar